14 Cara Merawat Anis Kembang Sebelum dan Sesudah Lomba Agar Setabil - Hewan.id
Advertisements

14 Cara Merawat Anis Kembang Sebelum dan Sesudah Lomba Agar Setabil

Merawat Anis Kembang Lomba, anis kembang betina, cara perawatan anis kembang, anis kembang jantan, suara anis kembang betina, harga anis kembang 2018, anis kembang bakalan, anis kembang ngeplong, anis kembang ngerol, anis kembang buka paruh, anis kembang juara

Anis

14 Cara Merawat Anis Kembang Sebelum dan Sesudah Lomba Agar Setabil

hewan.id – Metode yang diterapkan bagi anis kembang rumahan sangat berbeda dengan anis kembang yang memang ditujukan untuk menjadi juara lomba. Banyak sekali metode yang bisa diterapkan untuk membuat anis kembang kita menjadi gacor dalam arena lomba. Maka dari itu, sebagai contributor dalam lomba yang memiliki anis kembang, sangat wajib mengetahui bagaimana cara merawat anis kembang lomba dengan baik dan benar.

Merawat Anis Kembang Lomba, anis kembang betina, cara perawatan anis kembang, anis kembang jantan, suara anis kembang betina, harga anis kembang 2018, anis kembang bakalan, anis kembang ngeplong, anis kembang ngerol, anis kembang buka paruh, anis kembang juara

Beberapa hal harus diperhatikan jika Anda ingin mengikutikan anis kembang dalam lomba. Hal utama adalah umurnya. Anis kembang yang memiliki usia 1 tahun keatas cenderung memiliki mental yang lebih kuat sehingga tentunya akan berdampak baik dalam lomba.

Usia yang paling bagus untuk anis kembang lomba adalah 2 tahun keatas. Di usia ini anis kembang sudah dibilang sangat dewasa dan matang. Umur sengat berpengaruh dalam perlombaan burung. Banyak para master atau suhu jika ingin melombakan anis merah pasti di atas satu tahun.

Nah hal-hal dibawah ini yang perlu anda ketahui untuk menyiapkan anis kembang agar mau ngerol dan kerja ngotot dipangan.

Cara – Cara Merawat Anis Kembang Lomba :

1. Cara Merawat Anis Kembang Sebelum Lomba:

  1. Selama perawatan sebelum lomba, pastikan untuk tidak mendekatkan anis kembang Anda (Jantan) ke anis kembang betina agar si jantan lebih fokus.
  2. Lakukan mandi setiap pagi dan sore kemudian lakukan proses pengembunan dan pejemuran dimulai dari jam 5.30 pagi sampai jam 8.30.
  3. Untuk senin sampai sabtu berikanlah cacing 1 ekor dan pada saat hari minggu, berikan makanan ekstra antara lain cacing seekor, kroto setengah sendok, dan jangkrik seekor. Menu diatas adalah menu opsional, dibawah ini adalah setingan lain yang bisa Anda coba.
  4. Pertama, bersihkan kandang secara rutin dan berskala setiap hari. Anda boleh menambahkan menu voer, air minum, dan buah-buahan segar.
  5. Untuk pemberian EF, berikan 2 ekor jangrik dan masukkan pada tempat makannya. Jangan berikan jangkrik secara langsung ke anis kembang, biarkan dia sendiri yang memakannya.
  6. Untuk penjemurannya, lakukan penjemuran setidaknya 2 jam perhari. Untuk waktunya sendiri bisa Anda tentukan namun pastikan penjemuran tidak pada pukul 12 siang keatas. Contohnya jemur anis kembang mulai dari pukul 8 pagi sampai 11 siang.
  7. Setelah melakukan proses mandi, penjemuran, sekarang lakukan angin-anginan. Bisa menggunakan sangkar gantung yang dikrodong di teras rumah.
  8. Siang sampai sore hari, Anda bisa melakukan pemasteran menggunakan metode pemasteran andalan Anda. Hal ini baik dilakukan beberapa hari sebelum lomba.
  9. Sore jam 15.30, mandikan anis kembang kemudian diangin-anginkan. Anda boleh sekedar meangin-anginkan, tidak mandi juga tidak apa-apa.
  10. Setelah melakukan pemandian dan di angina-anginkan, berikan jangkrik 1 ekor pada cepuk EF dan jangan berikan jangkrik secara langsung ke anis kembang.
  11. Pada jam 6 sore, lakukan pengkrodongan dan pemasteran selama anis kembang istirahat, bisa sampai pagi hari. Anda juga bisa melakukan pemasteran pada jam 7 atau setelah isya.
  12. Berikan kroto sebanyak 1 sendo the, lakukan cukup 2 kali dalam seminggu. Pemberian pada hari senin dan kamis cukup direkomendasikan agar waktunya seimbang.
  13. Berikan cacing 2 ekor 3 kali dalam seminggu. Kemudian di tambahkan dengan menu buah segar, bisa juga ditambahkan sayuran di setiap harinya.
  14. Jika metode yang Anda lakukan malah membuat anis kembang memiliki birahi tinggi, maka kontrol dengan memangkas porsi EF (1 pagi 1 sore) dan melakukan pengembunan antara jam 5.30 pagi sampai 6.00 pagi. Mandi dilakukan lebih sering dan penjemuran dikurangi menjadi 30 menit.

Perawatan atau setingan anis kembang sebelum lomba ini memang tidak mutlak untuk dilakukan. Kita juga harus tahu kondisi birahi dan karater burung tersebut. Karena ketika kita menyiapkan anis kembang a dengan karakter ab maka akan berda juga dalam hal menyiapkan anis kembang b dengan karakter ab.

Loading...

Baca Juga: 11 Cara Merawat Anis Kembang Anakan Agar Ngeplog

Perlu juga dipahami bahwa burung yang habis selesai lomba pasti akan lelah. Maka dari itu untuk mengembalikan “top performance” burung tersebut, kita juga harus paham. Banyak sekali orang yang berbicara bahwa jika salah merawat anis kembang sesusah lomba, maka akan sulit untuk mencari setelan atau setingannya. Nah berikut ini tips dan cara merawat anis kembang sesudah lomba.

2. Merawat Anis Kembang Setelah Lomba :

Setelah diikutsertakan dalam lomba, hal yang perlu kita pahami dalam memulihkan atau mengondisikan kembali stamina anis kembang ini yaitu:

  • Merawat burung anis kembang setelah mengikuti lomba dimulai dengan proses penjemuran. Proses penjemuran tersebut dilakukan kurang lebih selama 30 menit. Lakukan cara tersebut sampai H+3 setelah lomba.
  • Berilah voer atau pakan anis kembang yang memiliki kualitas baik dilihat dari gizinya.
  • Pemberian EF (extra fooding) kembali ke setingan biasa, harian, atau ketika tidak sedang dipersiapkan untuk mengikuti lomba.
  • Berikan multivitamin dalam air minum burung anis kembang kita satu hari setelah lomba. Pemberian multiviamin tersebut bertujuan agar burung kembali dalam kondisi fit setelah lelah mengikuti perlombaan.
  • Kembalilah lagi rawat anis kembang sesuai rawatan hariannya.
  • Jangan lupa untuk mengumbar anis kembang tersebut, agar birahi setabil.

Baca Juga: 11 Cara Merawat Anis Kembang Mabung Lama Agar Cepat Tuntas

Merawat anis kembang setelah mengikuti perlombaan merupakan hal yang vital. Usahakan sesegera mungkin anda melakukan perawatan burung anis kembang anda setelah diikutsertakan dalam lomba.

Itu dia cara merawat anis kembang lomba yang baik dan benar. Anda bisa menerapkannya di rumah masing-masing dan sangat cocok untuk anis kembang yang dikhususkan untuk lomba.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Anis

Advertisements

Lihat Juga

Advertisements

Pencarian Populer

To Top