> > 11 Cara Merawat Anis Kembang Harian Agar Rajin Ngerol - Hewan.id
Connect with us

11 Cara Merawat Anis Kembang Harian Agar Rajin Ngerol

Merawat Anis Kembang Harian, Anis Kembang, Perawatan Anis Kembang, Anis Kembang Gacor, Anis Kembang Ngerol, Anis Kembang Juara

Anis

11 Cara Merawat Anis Kembang Harian Agar Rajin Ngerol

Cara merawat anis kembang harian agar rajin bunyi dan ngelol tanpa berhenti. Anis kembang adalah salah satu jenis burung yang sangat diminati oleh banyak kicau mania. Selain suaranya yang merdu dan banyak diperlombakan, burung ini juga sangat enak untuk sekedar dipandang. Namun sebagai seorang penghobi anis kembang, Anda harus tahu betul bagaimana cara merawat anis kembang harian yang baik dan benar. Perawatan yang baik tentu menghasilkan burung yang bagus, jadi perawatan adalah hal yang sangat penting khususnya untuk anis kembang.

Merawat Anis Kembang Harian, Anis Kembang, Perawatan Anis Kembang, Anis Kembang Gacor, Anis Kembang Ngerol, Anis Kembang Juara

Beda burung dipergunakan untuk apa maka beda juga metode perawatannya. Bagi Anda yang ingin merawat seekor anis kembang hanya sekedar untuk di pajang di depan rumah maka metode perawatan yang paling cocok adalah harian.

Sedikit berbeda dengan burung yang dikhususkan untuk lomba, perawatan anis kembang harian terbilang cukup sederhana. Untuk Anda yang masih bingun seperti apa cara yang tepat dalam merawat anis kembang harian. Berikut ini adalah cara merawat anis kembang harian yang mungkin bisa anda terapkan.

Cara Merawat Anis Kembang Harian:

1. Angin-anginkan Tak Lebih 30 Menit Saja

Untuk anis kembang, proses penganginan bisa dilakukan pada saat pagi, atau diembun-embunjan juga bisa dilakukan. Lakukan cukup 30 menit saja, bisa dilakukan dengan cara di gantang. Proses ini dilakukan sebelum memandikan si anis kembang.

2. Proses Memandikan

Jika di rasa proses angin-angin sudah cukup, maka selanjutnya adalah memandikan anis kembang. Untuk proses ini sendiri sebenarnya bisa ditentukan bagaimana selera Anda dan sifat dari burung Anda. Disarankan untuk melatih disiplin anis kembang untuk mandi sendiri. Di samping bisa meningkatkan kemampuan berpikir, cara ini terbilang mampu membuat mental burung lebih kuat. Selain metode di atas, Anda bisa memandikannya dengan cara disemprot atau dengan menggunakan tangan.

Loading...

3. Penjemuran Jangan Terlalu Lama

Jika sudah mandi, saatnya menjemur anis kembang. Proses ini sendiri ada baiknya dilakukan selama 1-2 jam saja dan jangan dilakukan pada pukul 11 siang keatas. Menjemur yang terlalu lama di terik matahari yang menyengat bisa sangat fatal untuk kesehatan burung. Penjemuran sangat bermanfaat. Selain membantu membuat bulu kering dan halus, penjemuran juga berfungsi dalam menghilangkan kutu-kutu pada anis kembang. Pada saat penjemuran jangan dekatkan anis kembang Anda pada burung lain atau sejenisnya.

4. Pembersihan Kandang Setiap Hari

Kandang bersih sangat disukai oleh burung, tentu juga untuk anis kembang. Jangan sampai kotoran berjamur bersarang di kandang atau sangkar. Bersihkanlah menggunakan air mengalir agar lebih maksimal. Tidak hanya kandang atau sangkar, Anda juga wajib memeriksa kebersihan tempat pakan, keramba mandi, tempat minum, dan tempat-tempat penting lainnya yang sering ditempati burung Anda.

5. Pemberian Makanan dan Minuman

Berikan voer yang berkualitas dan selalu cek persedian airnya. Saat sesudah penjemuran, berikan EF berupa jangkrik sebanyak 2 ekor dicapuknya. Setelah makan, angin-anginkan bisa di depan teras Anda atau di mana saja.

6. Pemberian Exstra Fooding

Setelah diangin-anginkan dan dimandikan, maka selanjutnya sarapan pagi. Mulailah untuk memberikan burung dengan EF seperti jangrik 2-3 ekor dan kroto sebanyak 1 sendok teh. Selain itu Exstra fooding yang bagus untuk anis kembang yaitu cacing, jangkrik, ulat hongkong, klabang dan kroto.

7. Pemberian Multivitamin

Vitamin sangat penting bagi kesehatan tubuh burung. Vitamin juga dapat membuat anis kembang gacor dan mengatasi jika burung terkena penyakit.

8. Pemasteran

Anda bisa melakukan pemasteran dari jam 10 pagi sampai 3 sore. Lakukan pemasteran dengan suara yang cocok dengan anis kembang Anda. Pada saat sore hari, Anda boleh memandikannya lagi lalu diangin-anginkan sejenak jika cuaca mendukung.

9. Pengkrodongan

Lakukan saat memaster atau sedang istirahat malam. Contohnya jam 6 sore lakukan pengkrodongan dan bisa disertai dengan pemasteran sampai esok hari.

10. Hindari Faktor Pengganggu

Jangan ada faktor pengganggu yang akan menggangu ketenangan burung anis kembang anda. Faktor pengganggu dapat menyebabkan anis kembang menjadi stres. Contohnya saja kucing.

11. Pemahami Karakter

Faktor burung anis kembang mau tampil maksimal di lapangan atau perlombaan yaitu sang pemilik tahu akan karakter burung tersebut.

Itu dia cara merawat anis kembang harian yang bisa Anda terapkan dengan mudah. Metode di atas tentu saja bisa Anda rubah sedikit dan sesuaikan dengan sifat anis kembang Anda, beda burung beda sifat tentunya.

Baca Juga: 9 Cara Memilih Anis Kembang Bakalan Calon Juara

Pelajari setiap kepribadian anis kembang yang anda pelihara. Rawatlah burung punglor kembang anda seperti anda merawat diri anda sendiri. Semoga ulasan perawatan anis kembang harian tadi dapat berguna untuk anda yang memerlukan bantuan. Pelajari setiap kepribadian branjangan yang anda pelihara.

Rawatlah burung anis kembang anakan sejak dini agar mudah ketika dewasa. Semoga ulasan perawatan branjangan harian tadi dapat berguna untuk anda yang memerlukan bantuan. Anda juga dapat membaca cara merawat branjangan lainnya.

Loading...

Continue Reading

More in Anis

To Top