> > 11 Cara Menjinakkan Anis Merah dengan Mudah dan Cepat - Hewan.id
Connect with us

11 Cara Menjinakkan Anis Merah dengan Mudah dan Cepat

Menjinakkan Anis Merah

Anis

11 Cara Menjinakkan Anis Merah dengan Mudah dan Cepat

Cara menjinakkan anis merah muda hutan, bakalan, trotolan tangkapan hutan, ombyokan atau giras dengan mudah. Menjinakkan anis merah memang wajib dilakukan dan hal ini akan menjadi keuntungan besar untuk Anda karena anis merah yang jinak akan membuat perawatan anis merah menjadi lebih mudah. Selain itu, anis merah yang jinak akan membuat Anda menjadi lebih senang terhadap anis merah Anda.

Menjinakkan Anis Merah

Giras merupakan istilah yang bagi anis merah yang galak dan belum bisa beradaptasi dengan lingkungan. Biasanya bisa terjadi karena perawatan yang kurang baik khususnya perawatan yang menyangkut prilaku pemilik. Selain itu, pemberian pakan yang tidak cocok dengan anis merah juga bisa membuat anis merah anda menjadi giras. Namun pada umumnya, giras hanya terjadi karena belum terbiasa dengan anda dan lingkungan sekitarnya.

Kenyamanan juga menjadi perhatian khusus saat berhadapan dengan anis merah yang sedang giras. Jika merasa kurang nyaman terkait pemberian pakan dan sangkar yang anis merah tempati, bisa jadi membuat anis merah menjadi sangat giras padahal awalnya sudah jinak. Jika terjadi demikian, sebaiknya anda menyikapi hal itu dengan baik, tidak dengan perubahan sikap yang anda lakukan seperti membentak anis merah, atau hal kasar apapun karena hal itu bisa meningkatkan giras anis merah.

Untuk membuat anis merah menjadi jinak pun ada trik yang harus dilakukan. Namun sebelum itu, pastikan dulu lokasi yang baik untuk anda melakukan eksekusi terhadap anis merah galak anda. Lebih baik jauhkan dari anis merah yang lain atau burung lain dan pastikan tempatkan di lokasi yang sepi dan sunyi. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah beberapa tips dan trik bagaimana cara menjinakkan anis merah yang baik dan benar.

Cara Menjinakkan Anis Merah :

1. Melatih Anis Merah Makan Voer

Saat membeli anis merah bakalan, biasanya anis merah tidak suka dengan makanan voer. Tanpa anda ketahui, anda memberikan makanan voer dan akhirnya menjadi giras. Karena itulah sangat penting untuk tahu apakah anis merah yang anda beli itu sudah makan voer atau kah belum. Jika belum, lebih baik latih dulu anis merah anda untuk makan voer. Salah satu cara yang paling ampuh adalah mencampur kroto dengan voer halus.

Loading...

2. Tempatkan pada Kandang yang Nyaman

Anis merah yang sedang giras biasanya menunjukkan sifat-sifat kasar seperti mematuk jeruji kandang atau sangkar. Untuk mencegah hal tersebut, pilihlah kandang yang terbuat dari bahan kayu untuk mengurangi prilaku tersebut karena bisa membuat anis merah menjadi terluka. Selain itu, perhatikan juga jenis dan model tangkringan yang digunakan. Lebih baik gunakan yang kiranya sudah sangat nyaman untuk anis merah tempati berdiri.

3. Sering Membuka Krodong

Jangan terlalu sering mengkrodong anis merah saat sedang giras karena bisa membuat girasnya menjadi makin parah. Karena itulah saat siang hari, lebih baik jangan dikrodong kecuali pada malam hari karena anis merah butuh istirahat makanya harus dikrodong. Krodong berfungsi untuk membuat anis merah beristirahat dengan baik. Namun tidak efektif pada anis merah yang giras karena seharusnya anis merah harus sering-sering melihat dunia luar untuk beradaptasi.

4. Metode Memandikan Anis Merah

Pada saat giras, lebih baik gunakan metode mandi yang tak biasa. Jika biasanya anda memandikan burung dengan wadah kemudian membasahinya atau kah dengan cara disemprot, maka saat anis merah sedang giras lebih baik mandikan dengan menggunakan tangan anda. Hal ini berfungsi untuk memberi tahu anis merah kalau anda bukanlah ancaman baginya. Namun pastikan anda sudah tahu benar bagaimana cara memegang burung dengan baik agar tak terluka nantinya.

5. Metode Pemberian Pakan EF

EF seperti jangkrik dan ulat hongkong sangat wajib untuk anda berikan setiap hari untuk meningkatkan asupan nutrisi dan bisa membuat anis merah selalu berkicau karena juga bisa meningkatkan birahi anis merah. Metode pemberiannya sedikit berbeda jika anis merah sedang galak atau giras. Lebih baik diberikan dengan metode tangan karena cara ini cukup ampuh dan sama dengan metode memandikan anis merah dengan tangan. Intinya, metode seperti ini membantu dalam meningkatkan kepercayaan anis merah dan akhirnya menjadi jinak.

6. Sering Mengajak Jalan-Jalan

Karena anis merah bosan dan bisa stres jika terus berada di dalam lingkunga rumah, cobalah untuk membiasakan anis merah untuk jalan keluar ke taman, tempat lomba, atau di mana pun itu. Metode ini selain menenangkan pikiran si anis merah, juga bisa membantu dalam menjinakkan anis merah.

7. Panggil Dengan Nama

Cobalah untuk sering memanggil anis merah anda menggunakan nama. Metode ini bisa membuat anis menjadi cepat jinak karena merasa nyaman jika dipanggil menggunakan nama dari anda. Jangan hanya taunya bersiul atau sekedar mengobrol dengan anis merah, tapi berikan juga nama.

8. Membersihkan Sangkar Rutin

Kenyamanan dan kebersihan menjadi kunci penting untuk membuat anis merah menjadi lebih jinak. Membersihkan sangkar atau kandang minimal 2 – 3 kali dalam seminggu. Di sarankan untuk membersihkan kandang atau sangkar anis merah itu 1 kali dalam sehari agar benar-benar nyaman. Karena nyaman, tentu saja membuatnya bisa jinak bukanlah hal yang sulit.

9. Mencium Kepala Anis Merah

Mungkin sedikit aneh dan jarang ditemukan, tapi sebenarnya cara ini cukup ampuh jika sering dilakukan. Sama dengan memandikan menggunakan tangan, mencium kepala anis merah juga menjadi salah satu perwujudan kasih sayang anda kepada peliharaan anda. Dengan begitu, anis merah akan berpikiran kalau anda adalah tuan yang baik dan tidak menjadi giras lagi.

10. Melakukan Terapi Mandi Sauna

Mandi sauna maksudnya adalah menyemprot krodong sampai basah pada pagi hari kemudian langsung dijemur. Cara ini bisa jadi pilihan yang bagus untuk membuat anis merah menjadi jinak dan telah terbukti ampuh. Meski terbilang aneh, perhatikan apa saja efek dari melakukannya dan lebih baik anda melakukan metode ini jika cara yang lain tak berhasil.

11. Perawatan Tambahan

Untuk membuat anis merah menjadi nyaman, berikan perawatan yang sangat baik. Jangan lupa untuk melakukan pemasteran, krodong, mandi, penjemuran, pemberian vitamin dan mineral serta lainnya.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Anis Merah Susah Teler

Itu dia tip bagaimana cara menjinakkan anis merah dengan baik dan benar serta bisa anda coba dengan mudah di rumah anda. Untuk lebih maksimal, anda juga bisa melatih mental dan staminanya menggunakan kandang umbaran. Namun perlu anda ingat, dalam hal menjinakkan anis merah harus di butuhkan ketelatenan serta menjaga mental burung tersebut.

Jika ada berbagai cara dalam hal menjinakkan burung anis merah perlu anda ketahui juga mental pesikisnya. Jika terlalu keras dalam menjinakkan maka dikurangi porsinya. Nah anda juga dapat melihat tips dan cara memelihara anis merah.

Loading...

Continue Reading

More in Anis

To Top