> > 8 Cara Menjinakkan Anis Kembang Liar dengan Mudah - Hewan.id
Connect with us

8 Cara Menjinakkan Anis Kembang Liar dengan Mudah

Menjinakkan Anis Kembang, Anis Kembang Jinak, Menjinakkan Burung, Anis Kembang Gacor, Anis Kembang Ngerol

Anis

8 Cara Menjinakkan Anis Kembang Liar dengan Mudah

hewan.id – Cara cepat menjinakkan anis kembang liar atau tangkapan huan dengan mudah. Anis kembang adalah burung yang unik dan terbilang gampang-gampang susah dalam merawat atau menjinakkannya. Banyak metode yang bisa dilakukan dalam merawat anis kembang sesuai kebutuhan Anda sendiri. Baik itu anis kembang dikhususkan untuk lomba atau hanya sekedar hobby.

Menjinakkan Anis Kembang, Anis Kembang Jinak, Menjinakkan Burung, Anis Kembang Gacor, Anis Kembang Ngerol

Namun hal yang pertama kali harus dilakukan adalah mengetahui bagaimana cara menjinakkan anis kembang yang baik dan benar. Mengapa anis kembang harus jinak? Karena jika burung tersebut giras maka akan sulit untuk gacor atau ngeplog.

Pengetahuan dasar dalam menjinakkan burung haruslah diketahui untuk setiap penghobi burung. Burung yang diambil atau dibeli dari penangkaran harus bisa dijinakkan karena burung akan merasa kaget dengan lingkungan baru. Apalagi burung hasil tangkapan hutan yang sudah jelas tentu akan memiliki sifat yang liar. Karena itulah Anda harus tahu apa yang harus dilakukan jika berhadapan dengan burung khususnya anis kembang yang liar atau giras.

Nah bagaimanakah cara menjinakkan anis kembang? Berikut ini adalah beberapa tips dan trik cara menjinakkan anis kembang dengan mudah.

Cara Menjinakkan Anis Kembang:

  1. Perhatikan suasana hati atau mental anis kembang. Ada banyak metode yang bisa Anda terapkan dalam membuat anis kembang selalu dalam keadaan senang. Namun berbeda jika anis kembang yang liar dan tak terbiasa dengan lingkungan barunya. Cobalah untuk meletakkan sangkar anis kembang di tempat yang sunyi jauh dari pemukiman manusia. Contohnya adalah belakang rumah atau ruangan kosong.
  2. Untuk memaksimalkan cara diatas, lakukan full krodong agar si anis kembang lebih cepat untuk beradaptasi.
  3. Anis kembang yang sedang garang atau giras tak boleh dimandikan dengan kasar dan sampai basah kuyup. Anda bisa menyemprotkan air atau melatih burung untuk mandi sendiri. Cukup letakkan keramba mandi di depan sangkar dan biarkan anis kembang mandi dengan sendirinya.
  4. Dekatkan dengan anis kembang betina. Cara ini terbilang jarang digunakan, namun sebenarnya cukup ampuh. Cobalah untuk mendekatkan anis kembang betina yang sudah jinak bersama anis kembang giras milik Anda. Berikan makanan seperti jangkrik dan lainnya kepada si betina dan pastikan si giras juga melihat, gunanya untuk meyakinkan si giras bahwa kita bukanlah ancaman besar untuknya.
  5. Cobalah untuk memandikan anis kembang giras menggunakan tangan Anda sendiri, lakukan secara lembut dan pelan-pelan. Cara ini terbilang cukup beresiko jika dilakukan oleh orang yang tak berpengalaman dalam memegang burung dengan benar. Salah pegang bisa berakibat kesakitan untuk anis kembang. Caranya adalah memasukkan sebagian tubuh burung di dalam baskom yang berisi air, namun tidak untuk kepalanya. Usap secara lembut bagian kepala sampai punggung dan ekor. Lakukan dengan penuh perasaan dan berulang kali, bahkan bisa setiap hari. Anis kembang giras milik Anda mungkin akan kaget, namun lama kelamaan akan terbiasa dengan metode Anda.
  6. Bicaralah dengan anis kembang. Memberikan nama dan mengobrol dengan anis kembang yang giras memberikan poin lebih untuk Anda dimatanya. Cobalah untuk sesering mungkin mengobrol ketika ingin memandikan, memberi makan, membersihkan kandang dan lainnya.
  7. Memberikan makanan yang ia sukai juga bisa menjadi cara ampuh untuk menjinakkan anis kembang. Cobalah untuk memberikannya yang segar-segar seperti buah-buahan, sayur, atau bisa dengan EF yang penuh dengan protein.
  8. Pahami karakter burung maunya seperti apa.

Baca Juga: 9 Cara Memilih Anis Kembang Bakalan Calon Juara

Loading...

Itu dia beberapa tips dan trik cara menjinakkan anis kembang dengan mudah. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah kondisi mental anis kembang. Anis kembang yang masih giras cenderung memiliki mental yang lemah. Jika bertambah parah, tentunya akan menjadi halangan tersendiri bagi Anda yang ingin menjinakkannya. Anda juga dapan menyimak atau membaca tips dan trik perawatan anis kembang lainnya

Loading...

Continue Reading

More in Anis

To Top