Connect with us

15 Cara Membuat Anis Merah Teler Dengan Cepat dan Gampang

Membuat Anis Merah Teler

Anis

15 Cara Membuat Anis Merah Teler Dengan Cepat dan Gampang

Loading...

Membuat anis merah teler sering kali menjadi perkara yang tidak mudah dilakukan, apalagi kalau Anda termasuk baru dalam menggeluti hobi burung anis merah ini. Tentu saja membuat anis merah gacor sangat diidamkan oleh semua pecinta anis merah. Sayangnya tak semudah dalam merawat. Ada trik-trik khusus yang harus diterapkan dalam metode perawatan Anda agar menghasilkan anis merah gacor.

Membuat Anis Merah Teler

Loading...

Teler merupakan istilah dalam kalangan pecinta burung anis merah karena telah menjadi ciri khas. Bahkan sering kali anis merah di sebut sebagai dewa teler karena gaya berkicaunya seperti sedang teler. Kondisi seperti ini sebenarnya sangat spesial jika dipikir-pikir. Tidak banyak burung yang bisa berkicau teler, bahkan hanya dilakukan anis merah saja.

Untuk membuatnya teler ada 2 kemungkinan. Pertama, teler bawaan dari lahir dan yang kedua adalah teler dengan perawatan rutin dan terkontrol. Untuk anis merah teler dari bawaan biasanya karena sejak anakan sudah dilatih atau indukannya yang sudah teler. Sedangkan untuk perawatan, sepertinya memerlukan waktu yang cukup lamah, apalagi anis merah Anda termasuk burung yang kurang potensial.

Untuk membuatnya teler biasanya dilatih memang sejak anakan. Pada usia sekitar 8 – 9 bulan, anis merah teler sepenuhnya bisa dilihat. Namun masih ada yang bingun bagaimana perawatan yang tepat untuk melatih anis merahnya untuk teler. Berikut ini adalah tips dan trik bagaimana cara membuat anis merah teler yang baik dan benar serta mudah Anda coba.

Cara Membuat Anis Merah Teler :

1. Pemberian Voer

Voer berperang penting untuk membuat anis merah Anda menjadi teler. Berikan voer secara rutin setiap hari, pagi dan sore. Perhatikan juga kualitas, kualitas sangat penting untuk membuat anis merah Anda cepat teler. Jika kualitas voer buruk, maka tentu saja anis merah Anda akan sulit untuk teler. Minimal pemberian voer adalah sekali dalam 2 hari.

2. Pemberian Buah

Buah sama pentingnya dengan pemberian multivitamin, bahkan banyak yang bilang asupan vitamin pada buah lebih komplit. Buah yang cocok dengan anis merah biasanya adalah papaya, apel, dan pisang. Pemberiannya bisa dilakukan pada siang hari karena di waktu siang, anis merah akan terasa lapar dan akan menyantap apapun termasuk buah. Perhatikan juga segeran buah tersebut, pastikan tidak loyo atau busuk.

3. Pemberian EF

EF berfungsi untuk membuat anis merah birahi sehingga akan lebih sering berkicau dari biasanya. Pemberiannya wajib dilakukan minimal 2 – 3 kali dalam seminggu seperti pemberian kroto. Berikan juga makanan EF lain seperti cacing, jangkrik, ulat hongkong, dan lainnya. Pastikan kebersihan dan kesegaran EF harus terjaga. Misalnya cacing yang harus dibersihkan lendirnya agar lebih bermanfaat untuk anis merah Anda.

4. Proses Memandikan

Untuk menjaga kebersihkan bulu dan kesehatan anis merah itu sendiri, Anda harus rutin memandikan burung Anda setidaknya 1 kali dalam sehari, kecuali dalam keadaan khusus seperti mabung dan lainnya. Memandikan anis merah tidak hanya membersihkan bulu, namun juga membantu mengontrol birahi dan membuat anis merah lebih cepat teler.

5. Proses Penjemuran

Penjemuran pun wajib dilakukan di masa-masa normal kecuali sedang mabung. Penjemuran baik dilakukan setiap hari. Jangan menjemur anis merah dengan durasi lama karena bisa membuat anis merah mati. Durasi penjemuran yang baik adalah 1 jam dan dihentikan sebelum pukul 10.00 pagi karena sudah termasuk zona panas. Melakukan penjemuran bisa meningkatkan birahi yang akan membantu anis merah untuk teler.

6. Menjaga Kebersihan Sangkar atau Kandang

Bersihkan kandang atau sangkar minimal 2 – 3 kali dalam seminggu. Kalai bisau, 1 kali dalam sehari agar anis merah bisa tinggal dengan nyaman di sangkarnya. Dengan menjaga kebersihkan sangkar yang lebih terkontrol, akan membantu anis merah untuk teler dengan cepat karena merasa nyaman.

7. Pemberian Multimineral

Multimineral akan membantu memenuhi asupan zat mineral dalam tubuh anis merah. Dengan begitu, baik fisik dan pikiran si anis merah akan terus terjaga. Hal ini sangat penting bahkan dari apapun itu karena salah satu syarat penting untuk membuat anis merah Anda teler adalah dengan keadaan sehat. Bird Mineral bisa menjadi rekomendasi terbaik yang diberikan minimal 2 – 3 kali dalam seminggu.

8. Pemberian Multivitamin

Sama dengan mineral, vitamin sangat penting untuk membantu menyehatkan si anis kembang. Pemberiannya sama dengan Bird Mineral yaitu 2 – 3 kali dalam seminggu, jadwal tersebut sudah sangat membantu dalam memenuhi vitamin yang dibutuhkan anis merah Anda.

9. Penempatan Lokasi Sangkar yang Baik

Untuk tak mengganggu perasaan si anis merah yang bisa membuatnya stres, ada pantangan yang harus dihindari dalam hal penempatan lokasi. Hal ini juga sangat penting untuk membuat anis merah Anda bisa teler. Jangan tempatkan anis merah Anda di tempat berangin kencang, penuh hewan pengganggu, suhu panas atau dingin, dan jangan menggantung terlalu tinggi atau rendah. Pastikan kenyamanan nomor satu.

10. Pemasteran

Untuk pemasteran sendiri pun ada trik tersendiri untuk memancing telernya keluar. Berikan burung master sejenis yang sudah gacor dan teler. Pastikan untuk memaster setiap hari mulai dari pukul 06.00 sore sampai esok harinya. Kalau bisa, volume pemasteran yang menggunakan mp3 audio sedikit ditingkatkan agar volumenya juga ikut meningkat nantinya.

11. Pengumbaran

Terapi kandang umbaran sangat penting untuk membuat anis merah Anda teler. Dengan melakukan pengumbaran, secara langsung, anis merah Anda akan terlatih khususnya bagian pernapasan serta fisiknya yang lebih kuat. Pengumbaran sendiri dilakukan minimal 2 – 3 kali dalam seminggu untuk tetap menjaga kebugaran. Selain itu, pengumbaran juga cocok dilakukan jika anis merah Anda sedikit gendut.

12. Pelatihan Mental

Untuk memperkuat mentalnya, banyak cara yang bisa Anda coba. Mulai dari rutin mandi malam, pengumbaran, trek, dan mendekatkannya dengan burung fighter yang lain. Lakukan 2 – 3 kali dalam seminggu untuk tetap menjaga performa mental karena mental yang kuat sangat bermanfaat untuk membuat anis merah teler terus.

13. Sering Di Trek

Pelatihan ini juga sangat berguna untuk mempercepat burung anis merah menjadi teler. Akan tetapi jangan terlallu sering malakukannya. Bagi anis merah bakalan atau anakan cukup lakukan 1 minggu sekali saja.

14. Sering Di Bawa Gantangan

Pelatihan mental sangat perlu di lakukan, bukan hanya dirumah namun juga di arena perlombaan. Percuma juga kan ketika di rumah sudah mau teler namun ketika berada di gantangan burung tidak mau. Maka dari itu anda sering mengajaknya ke gantangan. Tidak harus menggantang, cukup letakkan di pinggir gantangan.

15. Sistem Koloni

Banyak orang yang mengatakan bahwa sistem koloni dengan cara cabut sebelum gantang merupakan metode paling manjur. Lakukan dengan cara menjejer burung anis merah lebih dari 1 burung. Nah ketika 1 sesi sebelum gantang, maka jauh kan dan tempatkan burung di area yang tenang.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Anis Merah Macet Bunyi

Itu dia tips dan trik bagaimana cara membuat anis merah teler yang baik dan benar serta bisa Anda terapkan dengan mudah di rumah Anda. Kesehatan dan kenyamanan menjadi kuncinya. Karena itulah mengetahui karakter jati diri anis merah sangat penting. Jika anis merah Anda sehat, nyaman, dengan birahi terkontrol, untuk membuatnya teler full di usia 8 bulan bukan lah angan-angan saja. Nah anda juga dapat melihat tips dan cara memelihara anis merah.

Loading...

Continue Reading

More in Anis

To Top