> > 25 Penyebab dan Cara Mengatasi Anis Merah Susah Teler - Hewan.id
Connect with us

25 Penyebab dan Cara Mengatasi Anis Merah Susah Teler

Anis Merah Susah Teller

Anis

25 Penyebab dan Cara Mengatasi Anis Merah Susah Teler

Anis merah susah teler memang menjadi hal yang disayangkan untuk pemilik dan penghobi anis merah itu sendiri pasalnya teler merupakan keadaan puncak anis merah dalam berkicau. Biasanya untuk menyikapi masalah ini, Anda harus tahu dengan benar bagaimana cara mengatasi anis merah susah teler dan membuatnya teler dengan cepat. Semuanya tergantung seperti apa perawatan Anda.

Anis Merah Susah Teller

Anis merah merupakan burung fighter yang sangat banyak dipelihara oleh para kicau mania karena suaranya yang khas sekali. Selain itu, ada satu hal yang menjadi ciri khas yang hanya dimiliki oleh anis merah yaitu teler. Istilah ini menunjukkan anis merah yang berkicau kencang seperti sedang teler. Untuk membuatnya teler bisa dilihat dari usianya juga. Pada umumnya, anis merah bisa teler jika sudah menginjak usia 7 sampai 8 bulan sejak kelahirannya.

Jika di usia tersebut anis merah Anda tetap susah untuk teler, maka bisa dipastikan perawatan Anda kurang baik, khususnya bagian pelatihan agar anis merah mau teler. Perawatan yang baik memang sangat berpengaruh, bahkan sangat besar sekali. Namun beberapa penyebab kecil lainnya terdapat pada anis merah itu sendiri. Banyak anis merah sukses teler karena turunan dari indukannya. Karena itulah saat Anda membeli bakalan atau memelihara anakan, pilihlah yang benar-benar terlihat memiliki potensi yang baik.

Berikut ini adalah beberapa tips dan trik bagaimana cara mengatasi anis merah susah teler beserta dengan penyebab-penyebabnya. Yang terpenting anda harus mengamati secara betul dan teliti penyebab anis merah susah teler.

Penyebab Anis Merah Susah Teler :

1. Birahi yang kurang sehingga menyebabkan birahi rendah.

Loading...

2. Kurangnya pemberian multivitamin.

3. Pemberian multimineral yang kurang.

4. Sedang sakit.

5. Badan anis merah sedang tidak fit.

6. Sedang stres atau gangguan pikiran.

7. Kurangnya pelatihan mental.

8. Pemberian pakan yang sudah busuk atau tidak segar.

9. Kurangnya diberi buah segar.

10. Terlalu sering menghirup udara kotor.

11. Mandi jarang.

12. Penjemuran yang jarang dilakukan.

13. Kurangnya dilatih atau dipancing teler.

14. Tidak merasa nyaman dengan sangkar dan kondisi sekeliling.

15. Merasa daerah kekuasaannya di rebut.

Susah teler pada burung anis merah memang menggagu kinerja saat lomba. Salah satu masalah anis merah tersebut biasanya disebabkan oleh beberapa faktor. Jika anda paham faktor apa saja yang dapat menyebabkan anis merah susah sekali teler di arena lomba, maka hal terpenting anda harus paham cara mengatasinya. Sebenarnya perawatan anis merah yang sulit teler itu sangat gampang sekali, asalkan paham saja faktor penyebabnya. Nah berikut beberapa cara mengatasi anis merah susah teler dengan mudah dan gampang.

Cara Mengatasi Anis Merah Susah Teler :

1. Pastikan Anis Merah Dalam Kondisi Nyaman

Salah satu kondisi atau syarat untuk membuat anis merah dapat teler adalah nyaman. Pastikan untuk memberikan rasa nyaman yang disukai anis merah. Kondisi yang disarankan adalah tempatkan anis merah di tempat yang sejuk karena pada habitat aslinya, anis merah sangat suka dengan tempat-tempat sejuk. Salah satu contohnya adalah menggantang anis merah di tempat yang teduh dan sejuk.

2. Membersihkan Kandang atau Sangkar Secara Rutin

Untuk membuat anis merah Anda untuk tetap nyaman, berikan juga kualitas sangkar yang baik. Pastikan tangkringan yang ada di dalam sangkar sangat nyaman dan cocok dengan karakter anis merah Anda. Kebersihan kandang atau sangkar juga sangat penting karena kebersihan yang terjaga bisa membuat anis merah nyaman. Membersihkan kandang atau sangkar untuk anis merah adalah minimal 3 sampai 4 kali dalam seminggu.

3. Latih Anis Merah Bertemu Lawan

Untuk membuat mentalnya menjadi mental juara, sering lah melatih anis merah dekat dengan burung lain, baik sejenis atau burung fighter lainnya. Dengan begitu, anis merah akan perlahan sedikit demi sedikit terbiasa dengan keadaan seperti itu dan membuatnya mau teler. Anda bisa menerapkan metode ini sebanyak 2 sampai 3 kali dalam seminggu sampai anis merah Anda benar-benar mengeluarkan gaya telernya yang terkenal.

4. Memancing Anis Merah untuk Teler

Banyak sekali metode yang bisa Anda terapkan untuk membuat anis merah bisa teler, salah satu cara yang paling ampuh adalah dengan mempertemukan anis merah dengan anis merah jantan yang lainnya. Dengan begitu, birahi anis merah akan terpacu dan perlahan memaksa anis merah untuk mengeluarkan gaya telernya sebagai tanda perlawanan kepada anis merah jantan yang lain untuk pergi.

5. Mengontrol Birahi Anis Merah

Untuk bisa membuatnya tetap teler di masa apapun itu, sering-seringlah berlatih untuk bagaimana cara mengontrol birahi anis merah sesuai dengan karakter anis merah itu sendiri. Birahi yang terlalu tinggi bisa membuat anis merah menjadi giras, bukan teler. Sedangkan jika terlalu rendah bisa membuat anis merah tak mau berkicau atau malas. Titik yang bagus adalah sedikit lebih tinggi daripada titik normal.

6. Pemberian Multmineral Rutin

Untuk menunjang asupan zat mineral dalam tubuh, Anda harus tetap siaga untuk memberikan asupan mineral untuk anis merah. Pemberian BirdMineral sangat dianjurkan setiap 2 – 3 dalam seminggu. Suplemen ini bisa membantu dalam pertumbuhan anis merah seperti tulang dan organ-organ dalam lainnya.

7. Pemberian Multivitamin

Sama dengan multimineral, multivitamin seperti BirdVit sangat penting diberikan minimal 2 – 3 kali dalam seminggu untuk memenuhi asupan vitamin dalam tubuh anis merah. Vitamin ini akan membantu anis merah untuk cepat teler dan mengatasi anis merah susah teler.

8. Rutin Memberikan Buah-Buahan

Buah sangat bermanfaat untuk memenuhi asupan nutrisi bagi tubuh anis merah. Untuk bisa membuat anis merah teler harus lah memiliki tubuh yang fit. Pemberian buah ini membantu untuk membuat tubuh anis merah fit terus. Buah yang bagus untuk anis merah adalah jeruk, pisang, apel, dan papaya. Papaya menjadi buah yang sangat direkomendasikan karena sangat disukai oleh anis merah dan memiliki kandungan yang lebih banyak daripada buah-buah lainnya.

9. Rutin Pengumbaran

Memasukkan anis merah di kandang umbaran bisa membantu untuk membuat pernapasan anis merah menjadi panjang dan kencang. Dengan begitu, pengumbaran secara rutin minimal 2 – 3 kali dalam seminggu bisa memancing anis merah untuk teler. Selain itu, rutin melakukan pengumbaran bisa juga melatih mental anis merah agar lebih gacor daripada sebelumnya. Metode ini pun sangat cocok untuk anis merah yang gemuk kelebihan berat badan karena bisa membuat anis merah untuk berolahraga.

10. Berikan Air Minum Bersih

Perhatikan juga kebersihan air minum. Berikan air yang sudah dimasak terlebih dahulu. Air minum yang kotor harus diganti dengan air baru dan pastikan untuk rutin membersihkan wadah tempat air minum.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Anis Merah Over Birahi

Itu dia tips bagaimana cara merawat dan mengatasi anis merah susah teler yang baik dan benar serta penyebabnya. Metode di atas bisa Anda terapkan dengan mudah di rumah. Pastikan untuk rutin melakukan metode yang sudah diterapkan agar memiliki hasil yang baik. Nah anda juga dapat melihat tips dan cara memelihara anis merah.

Loading...

Continue Reading

More in Anis

To Top