23 Penyebab dan Cara Mengatasi Anis Merah Ngecir - Hewan.id
Advertisements

23 Penyebab dan Cara Mengatasi Anis Merah Ngecir

Anis Merah Ngecir

Anis

23 Penyebab dan Cara Mengatasi Anis Merah Ngecir

Anis merah ngecir, gesir, nglecir atau sering bunyi cir cir adalah masalah klasik yang sering menjadi sumber keluhan pada penghobi burung anis merah. Masalah ngecir sudah lama mengganggu pikiran penghobi dan hanya ditemukan di anis merah saja. Biasanya penyakit seperti ini terjadi karena kesalahan perawatan atau kurang pahamnya pemilik dengan karakter anis merahnya. Karena itulah, mengetahui karakter burung sangat penting. Jika tidak, bisa mengakibatkan masalah-masalah prilaku seperti ngecir.

Anis Merah Ngecir, Anis merah ngecir, gesir, nglecir atau sering bunyi cir cir

Ngecir merupakan istilah untuk burung anis merah yang mengalami gangguan prilaku di mana anis merah menekukkan badannya membentuk U, menggetarkan sayap seperti mengigil (Bisa juga dikepakkan), menangkat kepala, dan berbunyi serr secara samar-samar. Dalam kasus lain, suara serr juga bisa terdengar kencang bagaikan sedang berkicau dengan suara serak. Jika Anda menemukan gejala seperti itu, segera lakukan penanganan yang baik.

Sebagai pecinta dan perawat burung anis merah, bagaimana cara merawat anis merah ngecir sangat perlu untuk Anda ketahui. Meskipun pada dasarnya hanya terjadi karena kesalahan dalam perawatan khususnya birahi. Namun karakter anis merah juga bisa menjadi penyebab utama di mana jika anis merah Anda terlalu sensitive pada birahi, masalah seperti akan sering terjadi.

Hal yang harus Anda lakukan adalah jangan panic. Hanya karena masalah seperti ini yang tidak ada di burung lain, Anda sudah berpikir itu masalah serius dan memperlakukan anis merah Anda secara tidak layak. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah tips dan trik bagaimana cara merawat dan menyembuhkan anis merah ngecir yang baik dan benar beserta penyebabnya.

Penyebab Anis Merah Ngecir :

1. Over birahi.

Loading...

2. Jadwal harian yang sering dilompati seperti mandi jarang.

3. Proses penjemuran jarang.

4. Durasi penjemuran terlalu lama.

5. Jarang menjemur, sekali menjemur berdurasi lama.

6. Tidak nyaman dengan tangkringan dalam sangkar.

7. Tidak nyaman dengan sangkar, model, warna, dan ukirannya.

8. Ingin kawin atau mau berjodoh, tapi tak dijodohkan.

9. Mau mabung, masa mabung, atau pasca mabung.

10. Tidak dalam kondisi fit.

11. Mental buruk kurang terlatih.

12. Fisik lemah (Sakit dan sebagainya).

Jika anda sudah tahu apa saja faktor penyebab anis merah ngecir, maka anda harus segera mengatasinya. Sebenarnya perawatan burung anis merah ngecir mudah dan gampang, asalkan telaten. Nah berikut beberapa cara mengatasi anis merah ngecir dengan mudah.

Cara Mengatasi Anis Merah Ngecir :

1. Mengontrol EF Peningkat Birahi

Anis Merah bisa ngecir karena over birahi. Untuk mengatasinya, Anda harus belajar bagaimana cara mengontrol birahi pada anis merah yang baik dan benar. Pada umumnya pemberian kroto, jangkrik, ulat hongkong, dan lainnya bisa meningkatkan birahi. Untuk menurunkan birahi, pangkas atau berikan EF penurun birahi seperti ulat bambu dan lainnya. Cocokkan dengan karakter anis merah Anda.

2. Konsisten

Konsisten yang dimaksud adalah jangan melewat jadwal yang telah Anda buat. Contoh misalnya jika setiap hari Anda harus memandikan anis merah sesuai jadwal maka mandikanlah, jangan ditunda-tunda. Jika terus menerus tidak konsisten, bisa membuat anis merah Anda ngecir.

3. Penjemuran

Jangan menjemur anis merah terlalu lama karena bisa membuat ngecir. Hal ini karena durasi penjemuran yang semakin lama bisa meningkatkan birahi anis merah. Jika sudah over birahi, masalah seperti ngecir bisa terjadi kapan saja. Durasi penjemuran yang baik adalah 1 jam perhari dan khusus untuk masa mabung, sebaiknya tak dilakukan penjemuran.

4. Memandikan Anis Merah

Mandi haruslah rutin setiap pagi. Jangan jarang memandikan kacer karena bisa meningkatkan birahinya dan membuatnya tak terkontrol. Mandi yang baik adalah mandi sekitar pukul 07.00 pagi. Jika birahi terlalu tinggi, mandi sering atau mandi es menjadi salah satu solusi paling ampuh.

5. Pemberian Voer

Untuk mengatasi ngecir, pemberian voer harus lebih banyak daripada EF atau kroto. Pastikan juga voer yang diberikan memiliki protein rendah. Pemberiannya harus rutin, kalau bisa setiap hari. Manfaat dari voer adalah menyeimbangkan nutrisi lain selain protein yang hanya ditemukan dalam EF seperti kroto.

6. Pemberian Multivitamin

Multivitamin sangat penting untuk menunjang asupan vitamin dalam tubuh. Khusus untuk penanganan anis merah, multivitamin sangat diutamakan dari pada multimineral karena zat mineral tak terlalu membantu mengatasi ngecir. Namun pemberiannya juga wajib. Keduanya diberikan minimal 2 – 3 kali perminggu atau bisa ditingkatkan menjadi 4 kali saat sedang ngecir.

7. Pemberian Buah

Buah yang sangat baik untuk diberikan kepada anis merah adalah buah pisang, apel, atau papaya. Buah ini memiliki kandungan vitamin yang banyak serta kandungan air yang banyak pula. Pemberian buah harus banyak, pastikan anis merah Anda makan voer dan buah yang banyak saat sedang ngecir karena efeknya sangatlah besar.

8. Perbanyak Minum Air

Pastikan capuk air minum selalu terisi penuh dan pastikan isinya pun bersih. Pemberian air wajib dilakukan setiap saat. Pastikan wadah selalu penuh dengan air segar dan bersih. Kalau wadahnya terlihat kotor atau menjamur maka bersihkan lah. Kalau airnya terlihat kusam dan kotor maka ganti dengan air yang baru. Kualitas air yang diberikan harus sudah dimasak atau jika tak mau repot, bisa menggunakan air kemasan yang banyak dijual di warung-warung.

9. Pelatihan Mental

Rajin-rajinlah untuk melatih mental anis kembang Anda agar bisa gacor dan berkicau lebih sering. Salah satu cara yang bisa Anda terapkan adalah mandi malam dan sering kali mendekatkan anis merah Anda dengan burung sejenis yang lebih gacor. Trek juga disarankan untuk dilakukan. Pelatihan mental seperti yang disebutkan dilakukan sebanyak 2 – 3 kali dalam seminggu untuk tetap menjaga mentalnya.

10. Pengumbaran

Pengumbaran adalah pelatihan mental, fisik, pikiran, dan mengatasi stres dengan menggunakan kandang besar memanjang. Biasanya kandang ini terbuat dari kawat kecil. Sengaja dibuat besar agar anis merah Anda bebas untuk terbang ke sana ke sini sehingga menguras tenaganya. Dengan begitu, secara langsung anis merah Anda akan berolahraga dan memperkuat fisiknya. Pengumbaran dilakukan minimal 2 – 3 dalam seminggu.

11. Membuatnya Nyaman

Untuk terus membuat anis merah Anda nyaman, pastikan sangkar selalu bersih, air bersih, tangkringan disukai burung, serta model sangkar juga disukainya. Lokasi pun tak luput dari pandangan. Pastikan lokasinya benar-benar aman seperti jauh dari hewan pengganggu dan lainnya. Karena kenyamanan adalah kunci utama untuk membuat anis merah sembuh dari segala masalah seperti ngecir. Selain itu hal wajib yang anda lakukan yaitu menjauhkannya dari hewan penggangu.

Baca Juga: Cara Membedakan Anis Merah Jantan dan Betina Akurat 100%

Itu dia tips tentang pengetahuan bagaimana cara mengatasi anis merah ngecir dengan baik dan benar. Jangan lupa jika sedang ngecir, berikan makan yang banyak khususnya voer, buah-buahan, atau makanan lain yang disukai anis merah sampai penyakit ngecirnya sembuh. Intinya yaitu anda harus merawat anis merah harian secara konstisten dan tepat waktu. Nah anda juga dapat melihat tips dan cara memelihara anis merah.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Anis

Advertisements

Lihat Juga

Advertisements

Pencarian Populer

To Top