Advertisements
Connect with us

21 Penyebab dan Cara Mengatasi Anis Merah Manja

Anis Merah Manja, Anis Merah Jinak

Anis

21 Penyebab dan Cara Mengatasi Anis Merah Manja

Loading...

Anis merah manja sangat berbeda dengan burung yang jinak. Manja yang dimaksud adalah anis merah yang terlalu ingin diperhatikan oleh sang pemilik. Dalam kasus seperti ini bisa juga disebut dengan istilah ngeboss pada anis merah. Di jenis burung lain seperti burung cendet, hal seperti ini dikenal dengan miyik atau mbayi di mana cendet terlalu dimanja dan ingin terus diperhatikan oleh pemiliknya.

Anis Merah Manja, Anis Merah Jinak

Loading...

Namun berbeda dengan burung cendet kalau didekati oleh pemilik atau orang lain, burung cendet tersebut masih tetap manja. Anis merah cenderung hanya ingin diperhatikan oleh majikannya sendiri. Mungkin terdengar biasa-biasa saja dan malah bagus karena anis merah cenderung lebih jinak. Namun disamping semua itu, ada beberapa efek yang dihasilkan oleh anis merah manja ini.

Anis merah manja atau ngeboss cenderung malas untuk berkicau, khususnya jika pemilik sedang berada di dekatnya. Anis merah akan lebih memilih untuk diam dan selalu memerhatikan majikannya. Beberapa ciri terparah dari anis merah manja ini adalah turun tangkringan, tak mau berkicau, dan sering mencoba mengejar terus majikannya.

Anis merah manja bisa terjadi karena terlalu dimanjakan oleh pemilik. Memanjakan burung boleh saja asal tak berlebihan karena bisa membuat anis merah menjadi ngeboss. Hal ini sudah menjadi pengetahuan dasar saat akan merawat burung di mana Anda tak boleh berlebihan namun tak boleh juga kekurangan. Berikut ini adalah tips dan trik bagaimana cara mengatasi anis merah manja yang baik dan benar beserta penyebabnya.

Penyebab Anis Merah Manja:

1. Terlalu sering diberi makan menggunakan tangan.

2. Terlalu sering dimandikan menggunakan tangan.

3. Kurang teraturnya pemberian pakan, asal kenyang.

4. Pemberian pakan yang tidak sesuai.

5. Terlalu sering digoda oleh pemilik.

6. Penjemuran yang terlalu lama.

7. Over birahi.

9. Terlalu jinak dalam hal manja.

10. Terlalu sering dipegang dengan tangan.

11. Terlalu sering bermain menggunakan alat-alat seperti ranting dan lainnya.

Jika ada sudah tahu apa saja faktor yang menyebabkan anis merah manja. maka anda perlu paham cara merawatnya atau mengatasinya. Nah berikut ini perawatan serta cara mengatasi anis merah  manja banget karena disebebkan oleh beberapa faktor.

Cara Mengatasi Anis Merah Manja :

1. Pemberian Pakan Kaya Nutrisi

Berikan makanan yang mengandung banyak nutrisi. Pada umumnya, voer menjadi salah satu pakan wajib pelengkap nutrisi. Sebagai burung pemakan serangga, anis merah juga wajib diberikan makanan EF seperti kroto, ulat hongkong, dan jangkrik. Pemberiannya bisa setiap hari, khusus untuk kroto minimal 2 – 3 kali dalam seminggu.

2. Pemberian Multimineral dan Multivitamin

Zat mineral berfungsi untuk menyehatkan organ-orang dalam tubuh. Selain itu, multimineral diberikan setiap 2 – 3 kali dalam seminggu. Sama dengan multimineral, multivitamin juga wajib diberikan 2 – 3 kali dalam seminggu dengan takaran yang sama. Pastikan untuk rutin diberikan karena keduanya bermanfaat dalam mengurangi manja anis merah. BirdVit dan BirdMineral menjadi suplemen yang direkomendasikan.

3. Konsisten Dalam Jadwal

Sering kali sebagai pemilik yang sibuk jika ada waktu Anda memberikan makanan lebih pada anis merah kemudian tak diberikan untuk di lain waktu di hari yang sama. Dengan metode seperti itu, bisa membuat anis merah menjadi sangat manja. Cobalah untuk mengurangi konsep seperti yang Anda terapkan karena bisa membuat anis merah menjadi manja.

4. Mandi Malam

Mandi malam merupakan metode yang sangat baik untuk Anda terapkan guna menyembuhkan penyakit manja dari anis merah Anda. Sifatnya harus rutin untuk menghasilkan hasil yang lebih baik. Jangan sampai terapi mandi malam ini dilakukan semaunya dan tidak secara berskala dan teratur. Waktu yang disarankan adalah pukul 07.00 malam sampai 10.00 malam. Mandinya pun bisa dengan cara disemprot atau lainnya. Lakukan minimal 3 – 4 kali dalam seminggu.

5. Mengabaikan Anis Merah

Untuk membuatnya berhenti manja secara paksa cobalah untuk mengabaikannya atau tidak memerhatikannya lagi. Mengabaikan anis merah akan perlahan membuatnya tak manja kembali. Mengabaikan bukan berarti full mengabaikan sampai tidak memberi makan, minum, dan perawatan lainnya. Anda tetap melakukan hal itu tapi untuk porsi main dan bersentuhan langsung sebaiknya tidak dilakukan untuk membuat anis merah menjadi tak manja lagi.

6. Semprotan Air Dingin

Sambil mencoba untuk mengabaikan anis merah Anda, sediakan 1 sprayer yang selalu terisi dengan air dingin. Setiap Anda mendekat atau sekedar melalui sangkarnya, semprot halus menggunakan sprayer air dingin tadi guna untuk membuat anis merah menjadi dingin tak bergairah sehingga terlalu bersemangat jika Anda datang mengunjunginya. Lakukan hal ini terus menerus sampai manjanya menghilang sedikit demi sedikit. Jangan terlalu disemprot sampai basah kuyup karena tak baik untuk kesehatan anis merah.

7. Lokasi Gantangan yang Baik

Jangan menggantang anis merah di tempat yang ramai dengan manusia karena bisa membuatnya makin manja. Hal yang terpenting adalah jangan menggantang dekat dengan Anda. Pastikan ia tak melihat Anda sebagai pemilik karena biasanya bisa membuatnya turun tangkringan dan tak berkicau lagi. Lokasi yang baik adalah lokasi yang sepi, jauh dari manusia, dan aman untuk anis merah di gantang.

8. Krodong

Setelah dimandikan menggunakan air dingin, lakukan angin-anginan sebentar kemudian krodong anis merah Anda. Gunanya untuk tak terlalu fokus dengan Anda karena terus menerus melihat Anda. Pengkrodongan bisa dilakukan kapan saja, seperti siang dan malam hari. Namun jangan lakukan full krodong, cukup sebagian saja agar anis merah Anda tak mudah stres.

9. Pengalihan Pandangan

Untuk tidak membuatnya manja lagi, Anda boleh sesekali menggunakan cara yang curang. Carilah satu orang yang akan membantu Anda dalam menggantikan Anda memberikan pakan untuk anis merah Anda. Meski awalnya akan membuat anis merah Anda menjadi risih, tapi lama kelamaan akan terbiasa dan rasa manjanya akan sedikit berkurang karena jarang bertemu dengan pemilik aslinya lagi. Cara seperti ini bisa diterapkan 1 – 2 minggu sampai ciri-ciri seperti turun tangkringan dan tak mau berkicau pada saat Anda berdekat sudah tak lagi dirasakan.

10. Pengumbaran

Melakukan pengumbaran semata-mata tak membuat anis merah menjadi ramping, melatih stamina, dan mental saja, namun juga bisa dijadikan ajang untuk membuatnya tak manja lagi. Dengan rutin melakukan pengumbaran akan membuat anis merah sibuk untuk selalu bergerak sehingga tak ingat dengan Anda lagi. Sembari melakukan umbaran, lebih baik Anda jangan terlalu sering main tangan atau bertemu dengan anis merah Anda.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Anis Merah Galak Dalam 1 Hari

Itu dia tips tentang bagaimana cara mengatasi anis merah manja yang baik dan benar serta bisa Anda terapkan dengan mudah di rumah Anda. Jangan terlalu memanja burung yang diniatkan untuk diikutkan dalam lomba kedepannya. Hal tersebut akan sangat berpengaruh ketika anis merah sedang dilombakan. Kunci sukses mencetak anis merah juara yaitu pada konsisten dalam rawatan harian atau setingan harian. Nah anda juga dapat melihat tips dan cara merawat anis merah.

Loading...
Advertisements

Continue Reading

More in Anis

To Top