> > 20 Penyebab dan Cara Mengatasi Anis Merah Galak Dalam 1 Hari - Hewan.id
Connect with us

20 Penyebab dan Cara Mengatasi Anis Merah Galak Dalam 1 Hari

Anis Merah Galak

Anis

20 Penyebab dan Cara Mengatasi Anis Merah Galak Dalam 1 Hari

Galak sering terjadi di kalangan pecinta burung kicau, termasuk salah satunya yaitu jenis anis merah. Prilaku galak anis merah sangat wajar terjadi ketika Anda baru saja membeli burung bakalan. Namun sering kali anis merah yang sudah cukup jinak tiba-tiba menjadi galak menjadi sumber kebingungan si penghobi anis merah ini. Karena itulah, Anda harus tahu betul bagaimana cara mengatasi anis merah galak yang baik dan benar.

Anis Merah Galak

Galak pada umumnya terjadi pada burung anis merah bakalan karena belum tahu seperti apa diri Anda dan lingkungan yang akan menjadi tempat barunya. Hal tersebut wajar dan Anda bisa mengatasinya dengan beberapa perawatan tambahan. Intinya adalah bagaimana Anda membuat anis merah Anda menjadi betah di rumah Anda. Jadi buat anis merah Anda terbiasa dengan cara membantunya beradaptasi.

Tapi banyak juga kasus yang menunjukkan kalau anis merah yang awalnya sudah jinak bisa tiba-tiba menjadi galak. Sebenarnya ini adalah masalah sederhana, kesalahan hanya ada pada bagaimana cara Anda merawat. Jika berasal dari diri anis merah itu sendiri seperti sedang stres, over birahi, dan lainnya, kembali lagi dengan cara perawatan Anda yang kurang baik.

Anis merah merupakan jenis burung yang mudah dalam menjinakkan. Bisa dibilang burung jenis ini sudah cukup dekat dengan manusia. Namun tetap saja jika girasnya terlalu kuat, maka perlu penanganan lama bahkan sampai berbulan-bulan.

Pahami secara detail penyebab burung tersebut galak, terutama pemahaman tentang karakter. Jika anda paham untuk mengatasi burung anis merah galak, maka juga akan mudah mengatasinya. Berikut ini adalah beberapa tips dan trik bagaimana cara mengatasi serta merawat burung anis merah galak beserta penyebabnya.

Loading...

Penyebab Anis Merah Galak:

1. Saat sedang bertelur atau masa ternak.

2. Kurang dijinakkan.

3. Masih belum beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

4. Anis merah takut dengan Anda.

5. Perawatan harian dengan prilaku kasar.

6. Sering disentuh dengan tangan.

7. Birahi yang terlalu tinggi.

8. Jarang dilatih mental.

9. Lapar karena tidak diberi makan.

10. Masih muda.

Jika ada sudah tahu apa saja faktor yang menyebabkan anis merah galak banget. maka anda perlu paham cara merawatnya atau mengatasinya. Nah berikut ini perawatan serta cara mengatasi anis merah galak karena disebebkan oleh beberapa faktor.

Cara Mengatasi Anis Merah Galak :

1. Mengontrol Birahi

Birahi yang terlalu tinggi bisa membuat anis merah menjadi over birahi dan akhirnya bersikap galak. Hal ini terjadi karena birahi adalah tenaga. Kelebihan tenaga bisa membuat anis merah terlalu semangat dan menjadi giras. Untuk mengatasinya lebih baik pemberian EF peningkat birahi dihentikan atau dipangkas. Jika biasanya Anda berikan 5 ekor jangkrik, pangkas menjadi 2 – 3 saja atau hilangkan saja.

2. Pemberian Cacing Tanah

Bagi anis merah, cacing tanah bisa meningkatkan birahi. Tapi kandungannya sangat bermanfaat untuk pertumbuhan anis merah. Karena itulah lebih baik dipangkas menjadi 1 kali dalam 2 minggu. Jangan berikan cacing tanah terlalu banyak karena sama dengan jangkrik, ulat hongkong, dan kroto, cacing tanah juga mengandung protein tinggi yang bisa membuat anis merah over birahi dan menjadi giras.

3. Pemberian Buah Pepaya

Selain papaya, jangan berikan buah lain seperti apel dan pisang. Buah papaya berbeda dengan buah lainnya karena terkenal dengan sifat pendinginna. Rutin memberikan buah papaya juga sangat membantu dalam mengatasi stres dan menurunkan tingkat giras pada burung anis merah. Selain papaya, pilih juga buah yang memiliki sifat pendingin sama dengan papaya.

4. Mandi Malam

Rutinlah untuk memandikan anis merah Anda pada malam hari. Dengan begitu, anis merah akan jauh dari kata giras atau galak. Dengan memberikan mandi malam yang sesuai dan rutin, akan membantu dalam menurunkan birahi pada anis merah. Hal ini sangat bermanfaat untuk membantu mengatasi over birahi dan begitu juga dengan stres serta giras. Mandi malam bisa dilakukan minimal 2 – 3 kali dalam seminggu atau jika sedang giras, bisa ditingkatkan menjadi 4 kali dalam seminggu.

5. Sering Mandi

Mandi sering akan membantu dalam mengontrol birahi yang bisa menyebabkan giras jika over birahi. Sering mandi bukan berarti harus mandi setiap saat, tapi sedikit ditingkatkan dari hari-hari sebelumnya. Jika biasanya Anda memandikan anis merah 1 atau 2 kali dalam sehari, maka bisa ditingkatkan menjadi 4 – 5 kali dalam sehari yaitu pagi, siang, sore, dan malam hari. Selain menjaga performa birahi yang terlalu tinggi, sering mandi juga bisa mengatasi stres dan melatih mental anis merah.

6. Pengembunan yang Baik

Untuk anis merah yang giras atau galak, sebaiknya rutin melakukan pengembunan karena dapat meredakan stres dan birahi tinggi. Pengembunan yang baik harus dilakukan sebelum fajar sekitar pukul 05.00 pagi setiap hari. Proses pengembunan ini tak boleh bolong-bolong karena bisa mengganggu pikiran anis merah dan mengakibatkan macet bunyi dan lainnya.

7. Penjemuran yang Baik

Sama dengan pengembunan, sifat penjemuran juga wajib tak boleh bolong-bolong. Penjemuran untuk anis merah bisa dilakukan mulai dari pukul 07.00 pagi sampai pukul 10.00 pagi. Lebih dari jam tersebut, tidak disarankan dijemur karena bisa membuat anis merah malah kepanasan. Durasi penjemuran tidak boleh lebih dari 2 jam, lebih baik antara 1 atau 1.5 jam saja untuk setiap harinya karena menjemur anis merah terlalu lama bisa meningkatkan birahi anis merah.

8. Pengkrodongan

Fungsi krodong sangat banyak, diantaranya adalah membantu dalam mengatasi stres, membuat anis merah istirahat full, dan membantu pemulihan cepat jika sedang sakit. Untuk anis merah yang galak atau giras, sebaiknya kurangi pengkrodongan. Jika selalu dikrodong, anis merah giras Anda tak bisa melihat dan beradaptasi sehingga sulit untuk jinak. Biarkan anis merah Anda untuk tahu seperti apa sekeliling agar terbiasa dan tak galak lagi.

9. Selalu Menggunakan Tangan

Gunakan tangan Anda setiap ingin berintraksi dengan anis merah Anda seperti memberi makan dengan tangan, memandikan anis merah dengan tangan, atau sekedar bermain-main menggunakan tangan Anda. Jika Anda rutin dan tak mengubah sikap Anda, anis merah akan berpikiran kalau Anda adalah tuan yang baik.

10. Perawatan Tambahan

Untuk menunjang kenyamanan anis merah selagi dilakukan penjinakkan, lebih baik lakukan perawatan tambahan sebaik mungkin. Seperti membersihkan kandang rutin, mandi keramba, bersihkan capuk makanan, wadah air minum, pemberian multivitamin, pemberian multimineral, dan lainnya. Meski pengaruhnya sedikit, tetap saja bisa membantu dalam mengatasi anis merah galak atau giras.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Anis Merah Stres

Itu dia tips tentang bagaimana cara mengatasi anis merah galak yang baik dan benar serta bisa Anda terapkan dengan mudah di rumah Anda. Perhatikan juga keadaan mental burung anis merah. Karena mental yang baik akan membuat anis merah Anda mudah giras dan mudah dalam proses penjinakkannya jika diperlukan nanti. Nah anda juga dapat melihat tips dan cara merawat anis merah.

Loading...

Continue Reading

More in Anis

To Top